5 Cara Memilih Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Masih Galau

cara memilih yang tepat jurusan kuliah
Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Banyak mahasiswa yang merasa menyesal dan merasa salah jurusan. Itu karena dia tidak merencanakan dari awal. Saat Anda masih duduk di bangku SMA, Anda harus tahu cara menentukan jurusan kuliah yang tepat. Jadi, saat masuk kampus, Anda tidak merasa menyesal.

Bisa dikatakan, kuliah adalah keputusan besar dalam hidup. Karena di bangku kuliah, kamu akan mendapatkan kehidupan dan lingkungan baru yang bisa membentuk karaktermu. Oleh karena itu, jangan sampai salah memilih jurusan. Pastikan untuk memilih dengan baik dan tahu bagaimana memilih.

Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Tepat

Sejujurnya, memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah. Anda harus bisa berpikir progresif tentang masa depan. Jadi, jurusan yang kamu ambil bisa sangat mendukung masa depan yang ingin kamu capai.

1. Kenali Potensi Anda

Cara menentukan jurusan kuliah adalah dengan mengetahui minat dan bakat Anda. Setiap siswa tentunya memiliki minatnya masing-masing terhadap satu hal. Baik itu medis, pendidikan, atau peneliti. Setiap siswa setidaknya harus memiliki satu minat dan bakat. Untuk mengenali potensi Anda, Anda tidak perlu bingung. Di era ini, ada banyak platform untuk menggali potensi mereka. Anda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini :

  • Ikuti tes bakat online (cari saja yang gratis)
  • Konsultasikan dengan orang tua Anda di rumah
  • Bicaralah dengan guru konseling
  • Terhubung dengan minat yang Anda inginkan
BACA JUGA  25 Kumpulan Judul Skripsi Ekonomi Syariah Islam Terbaru

Tips di atas adalah tips efektif untuk mengetahui potensi diri Anda. Jika Anda belum menemukannya, Anda dapat terus bertanya kepada guru dan orang tua Anda. Pada hakekatnya setiap manusia pasti memiliki bakat dan minatnya masing-masing.

2. Jangan Pernah Mengikuti Teman

Satu masalah besar ketika seseorang memutuskan jurusan perguruan tinggi adalah mengikuti. Alasannya, untuk memiliki teman saat masuk universitas. Alasan itu adalah alasan klasik yang pasti akan membuatmu menyesal.

Karena jika teman Anda memilih jurusan yang diinginkannya, Anda belum tentu cocok dengan jurusan tersebut. Oleh karena itu, jangan pernah ikut-ikutan saat memilih jurusan kuliah. Efeknya akan kamu rasakan sendiri ketika kamu berada di semester 3 sampai kamu menyelesaikan studimu.

Ingat, melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai sangat menyebalkan. Karena itu, jangan pernah mengikuti teman saat ingin mengambil keputusan besar. Keputusan jurusan yang Anda pilih akan menentukan tindakan Anda dalam 4 tahun ke depan, jadi putuskan dengan hati nurani Anda!

Jurusan kuliah yang sesuai dengan kita adalah jurusan yang kita inginkan. Bukan teman yang kita inginkan. Karena itu, jangan takut tidak punya teman di semester pertama. Yang terpenting, pastikan jurusan yang kamu pilih benar-benar jurusan yang kamu inginkan.

3. Pastikan kamu tidak dipaksa belajar karena gengsi

Ketika seorang siswa SMA lulus dari sekolah, ada dua pilihan yang harus diambil. kuliah atau kerja. Banyak mahasiswa yang malu memilih bekerja, akhirnya terpaksa harus kuliah. Rasa gengsi inilah yang menyebabkan seseorang berakhir ke arah yang salah.

Ini adalah kesalahan yang fatal. Karena kuliah dipaksa membuat seseorang depresi. Kemungkinan besar, dia akan kesulitan lulus dan malas belajar. Pada akhirnya, nilainya turun dan dia stres. Untuk mencegah hal itu terjadi, kami memiliki beberapa tips :

  • Pikirkan jika pekerjaan bukanlah hal yang buruk
  • Sambil bekerja, sambil bersiap-siap untuk kuliah
  • Gap Year bukanlah keputusan yang salah
  • Cobalah untuk mencari peluang beasiswa selama gap year
  • Anda dapat menyelesaikan pilihan jurusan Anda di waktu luang Anda
BACA JUGA  5 Cara Cepat Menjadi Guru yang Baik di Era Modern

Tidak kuliah bukan hal yang memalukan. Oleh karena itu, jika Anda bekerja sebelum kuliah, itu jauh lebih baik, daripada dipaksa kuliah karena gengsi. Dijamin kamu tidak bisa berkembang maksimal saat kuliah karena keterpaksaan.

4. Lihat Peluang berdasarkan Jurusan

Tips menentukan jurusan kuliah selanjutnya adalah melihat peluang. Setiap jurusan perguruan tinggi tentunya memiliki peluangnya masing-masing. Jika Anda belajar dengan orientasi kerja, maka pastikan untuk memilih jurusan dengan potensi besar. Tidak perlu bingung memilih peluang besar. Anda bisa menerapkan tips berikut :

  • Coba cari di internet untuk peluang besar yang Anda minati
  • Pikirkan tentang masa depan pekerjaan
  • Jangan lupakan relevansi dalam kehidupan masyarakat
  • Lihat berapa banyak keuntungan pekerjaan yang mungkin Anda dapatkan

Internet adalah sumber informasi modern, Anda tidak boleh meremehkan alat ini. Pastikan untuk memilih jurusan yang berpotensi memberi Anda pekerjaan. Jadi, ketika Anda lulus, Anda bisa langsung bekerja dan tidak menjadi pengangguran.

5. Lihat Biaya yang Diperlukan

Tidak ada yang bisa memungkiri, kuliah itu mahal. Jika Anda bisa mendapatkan beasiswa, itu akan sangat bagus. Namun jika tidak, pastikan Anda mampu membayar UKT dan kebutuhan lainnya.
Masih banyak jurusan yang membutuhkan dana lebih. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mencari di internet berapa harganya. Jika Anda mampu membelinya, silakan pilih jurusan. Tapi jika tidak, lebih baik memilih jurusan lain.

Kami tidak ingin mengecilkan hati Anda untuk mencapai tujuan Anda. Tapi realistisnya, jika tidak bisa membayar UKT, maka tidak akan bisa melanjutkan kuliah. Daripada itu terjadi, lebih baik memilih jurusan lain. Kami sangat merekomendasikan mencari beasiswa. Ada banyak lembaga yang memberikan beasiswa.

Anda dapat memaksimalkan peluang ini. Jadi, Anda tidak perlu lagi membayar UKT. Namun tetap tidak melupakan biaya hidup dan kebutuhan lainnya.

BACA JUGA  5 Sekolah Dengan Arsitektur Gedung unik, Kaya dan Mewah

Kesalahan Fatal Saat Memilih Jurusan Kuliah

Setelah mengetahui apa saja tips dan trik memilih jurusan kuliah, kami juga akan memberikan penjelasan mengenai kesalahan-kesalahan saat memilih jurusan kuliah. Beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan calon mahasiswa adalah :

  1. Pilih jurusan karena kuotanya banyak
  2. Terpaksa karena dipilih oleh orang tua
  3. Mencari jurusan yang mudah tanpa mengetahui peluang
  4. Jangan bertanya tentang jurusan kuliah yang dipilih
  5. Memiliki prinsip, “yang penting kuliah”
  6. Tidak mencari peluang beasiswa saat kuliah
  7. Meremehkan biaya saat memilih jurusan

Ketujuh hal di atas merupakan kesalahan fatal yang sangat sering terjadi di kalangan calon mahasiswa. Kamu tidak perlu melakukan hal-hal di atas, agar kamu tidak merasa salah jurusan saat kamu sedang menempuh studi di tengah jalan.

Intinya, memilih jurusan kuliah yang tepat tidaklah mudah. Oleh karena itu, persiapan sejak awal masuk SMA harus sudah dilakukan. Jangan buang waktu bersantai di sekolah, tapi saat masa pendaftaran kuliah kamu bingung dan bingung.