5 Cara Lolos SBMPTN dan SNMPTN

SBMPTN dan SNMPTN 2022
SBMPTN dan SNMPTN

UTBK adalah singkatan dari ujian tertulis berbasis komputer, yang akan berlangsung dari tahun ke tahun di masa depan. UTBK ini mengambil skor atau skor PTN yang akan menentukan apakah adik-adiknya akan lolos dalam seleksi masuk fovarif PTN.

PTN seperti UGM, Universitas Gadjah Mada, UI Universitas Indonesia, ITB Teknologi Bandung dan PTN lainnya yang menggunakan nilai masuk UTBK-SBMPTN sebagai salah satu penilaian kelulusannya.

Oleh karena itu, persiapan UTBK-SBMPTN harus dilakukan dengan sangat hati-hati, selain itu adik-adik harus rajin belajar dan berusaha yang luar biasa. Berikut rangkuman dari sumber resmi LTMPT tentang 5 Tips Lulus UTBK-SBMPTN?

1. Rajin Tryout Online Atau Offline

Anda harus mempersiapkan diri secara mental dan fisik jika ingin menghadapi UTBK SBMPTN, dengan rajin mengikuti tryout online atau offline. Karena mengikuti Try Out juga sangat membantu adik-adik untuk mempromosikan diri dengan suasana Tryout Berbasis Komputer.

2. Pembobotan Nilai Akan Mempengaruhi Penerimaan di PTN

Pembobotan nilai UTBK yang tertera pada sertifikat hasil tes akan tetap melalui proses pembobotan skor saat masuk Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Nilai total UTBK setelah pembobotan ini akan dirangking oleh PTN untuk proses penerimaan mahasiswa baru.

Seperti yang dijelaskan oleh medcom.id. Bobot ini sesuai dengan program studi yang sama dapat membuat peluang untuk menerimanya berbeda. Pada tahun 2020, total nilai UTBK yang menentukan kelulusan pada SBMPTN adalah jumlah total nilai subtes yang telah dikalikan bobot sesuai program studi yang akan dipilih atau disebut dengan bobot nilai UTBK.

BACA JUGA  Cara Memilih Bimbingan Belajar Terbaik di Indonesia

Baik! setiap program studi akan memiliki bobot yang berbeda pada setiap nilai subtesnya. Bobot subtes akan lebih besar untuk program studi yang membutuhkan kompetensi terkait subtes. Untuk itu dikuatkan dan dipersiapkan untuk sub-tes atau pada pelajaran-pelajaran yang berkaitan dengan jurusan yang telah disetujui.

3. Strategi Memilih Program Studi Pilihan Satu dan Pilihan Dua

Penentuan pilihan pada program studi pertama dan pilihan kedua juga akan menentukan apakah adik-adik dapat lulus UTBK-SBMPTN 2020 atau tidak. Salah satunya di program studi pilihan. Oleh karena itu, nilai UTBK-SBMPTN yang cukup tinggi juga belum bisa menjamin kelulusan siswa. Di sisi lain, saudara-saudara. Dengan strategi memilih program studi yang baik dan peserta dengan nilai UTBK pas-pasan, mereka bisa lolos SBMPTN.

4. Mencari Informasi Super Lengkap Tentang UTBK & SBMPTN

Cari informasi super lengkap tentang UTBK-SBMPTN. UTBK-SBMPTN juga harus diupdate setiap hari tentang perkembangan informasi SBMPTN dan UTBK tahun 2020. Dan penting juga untuk mencari informasi aturan di UTBK dan SBMPTN sebelumnya dan apa aturan baru yang akan muncul kemudian.

Sebagai contoh. Apa itu UBTK? Apa itu SBMPTN dan apa itu LTMP dan sebagainya. Dan bagaimana seleksi yang akan dilakukan oleh Lembaga UTBK-SBMPTN. Anda juga harus melihat dokumen apa saja yang Anda perlukan nantinya, baik untuk pendaftaran maupun saat ujian UTBK.

5. Selalu Berlatih dan Pahami Soal PTN

Selalu latihan soal PTN secara online atau offline. Baik! dengan ini nantinya akan diterapkan pada soal-soal latihan IPC atau iptek nanti. Intinya ada di Ujian UTBK. Dan adik-adik juga harus menentukan pilihan jurusan dalam pelatihannya.

Jangan lupa baca soal latihan dan jangan lupa simpan soal latihan dalam file dokumen di smartphone kamu. Belajar mandiri juga termasuk soal latihan yang wajib dan harus berkomitmen tinggi jika ingin memilih SBMPTN.

BACA JUGA  5 Mengenal Pendidikan Finlandia yang Menakjubkan

Kesimpulan

Kesimpulannya lulus atau tidak kembali kepada Allah. Karena Allah akan memberikan kita pilihan yang terbaik untuk kehidupan saudara-saudara kita. Namun Anda bisa mengikuti tips yang diberikan oleh admin. Insya Allah lulus UTBK-SBMPTN. Semoga sukses bagi yang akan bergabung dengan PTN.