Trik Membuat Kamera HP Menjadi Seperti DSLR di Android

Cara membuat kamera ponsel Anda terlihat seperti kamera DSLR – Fotografer percaya bahwa kamera terbaik adalah yang Anda miliki. Dalam kebanyakan kasus, mungkin itu yang dimaksud dengan ponsel cerdas Anda. Kamera smartphone tidak selalu menghasilkan pengalaman pemotretan yang sangat baik, tetapi kemajuan teknologi telah menempatkan smartphone pada level yang sama dengan banyak kamera khusus. Memiliki kamera berkualitas tinggi hanyalah setengah dari pertempuran. Anda hanya perlu tahu cara mendapatkan hasil maksimal darinya dan tidak ada yang mengalahkan Skor pribadi menggunakan mode manual. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan mode manual untuk membuat kamera ponsel Anda terlihat seperti DSLR.

Mode manual memungkinkan Anda untuk memanipulasi pengaturan dan membuat gambar sesuai kebutuhan. Kita tahu bahwa mode manual dapat menimbulkan kesulitan bagi pengguna biasa, terutama mereka yang tidak memiliki pengetahuan tentang teori dasar kamera. Memang benar bahwa fotografi adalah topik yang luas, tetapi kami akan mengajari Anda dasar-dasarnya dan Anda dapat segera mengambilnya secara manual menggunakan ponsel cerdas Anda.

Sebagian besar smartphone modern hadir dengan beberapa bentuk mode manual dalam aplikasi kamera bawaan. Mereka menyukainya dan mungkin menyebutnya mode profesional atau semacamnya. Buka aplikasi Kamera untuk melihat mode pemotretan dan lihat apakah ponsel Anda memiliki fungsi pemotretan manual.

Beberapa ponsel tidak dilengkapi dengan mode kamera manual, jadi jangan panik jika kamera ponsel Anda tidak memilikinya. Dikenal sebagai salah satu kamera smartphone terbaik, Pixel 3 tidak hadir dengan mode kamera manual. Jangan berduka tanpanya di ponsel cerdas Anda juga.

Kabar baiknya adalah kita berurusan dengan Android dan dimungkinkan untuk membuat kamera HP seperti DSLR. Apakah tidak ada mode manual di aplikasi Kamera? Anda hanya perlu mengunduh satu aplikasi dari Google Play Store. Berikut adalah beberapa aplikasi kamera favorit kami yang dapat membuat kamera mirip DSLR HP:

Cara membuat kamera HP seperti DSLR di aplikasi

  1. Kamera Manual DSLR Kamera Profesional ($ 4,99)
  2. Cahaya Kamera Manual: Kamera DSLR Profesional (Gratis)
  3. Pro-shot ($ 3,99)
  4. Buka kamera (gratis)
  5. FV-5 ($ 3,95)
  6. Kamera FV-5 Lite (Gratis)
BACA JUGA  Cara Terbaru Memperbaiki Aplikasi Google Play Store Yang Tidak Bisa dibuka

Sekarang setelah Anda menemukan mode manual built-in kamera di smartphone Anda atau menemukan mode lain, mari kita beralih ke dasar-dasar pemotretan manual dalam mode.

Karena perangkat smartphone hadir dengan banyak aplikasi kamera, Anda tidak dapat diberi tahu persis cara menghidupkan ponsel cerdas Anda dalam mode manual. Mereka semua terlihat dan berperilaku sedikit berbeda. Terutama jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tutorial tentang cara menggunakan aplikasi kamera manual akan dibahas dalam artikel selanjutnya.

Cara membuat kamera ponsel mirip DSLR dengan segitiga terbuka

Jika Anda sudah tahu cara mengaktifkan mode manual dan membuat kamera HP Anda terlihat seperti kamera DSLR, mari kita mulai dengan memahami apa yang perlu Anda lakukan untuk memposting foto Anda dengan benar dan mendapatkan hasil yang bagus. Dalam fotografi, segitiga pencahayaan adalah visualisasi tentang bagaimana ISO, aperture, dan kecepatan rana bekerja sama. Ingat bagaimana mengubah setiap elemen mempengaruhi kualitas gambar, Anda perlu menemukan keseimbangan antara ketiga faktor ini untuk mempublikasikan gambar dengan benar. Kami ingin menjaga hal-hal yang sangat sederhana, jadi kami akan memberi Anda definisi dari setiap elemen dan menjelaskan bagaimana perubahan mempengaruhi gambar.

Cara membuat kamera HP seperti DSLR pada ISO

ISO adalah singkatan dari “Organisasi Internasional untuk Standardisasi” dan bertanggung jawab untuk menstandarkan penilaian sensitivitas sensor kamera. Perubahan ISO saat memotret menentukan sensitivitas sensor terhadap cahaya.

ISO rendah mengurangi sensitivitas sensor terhadap cahaya, jadi Anda harus memperluas aperture atau memperlambat kecepatan rana. Pada saat yang sama, gambar akan lebih bersih.

Dengan meningkatkan ISO akan memungkinkan Anda menangkap cahaya lebih cepat, meningkatkan kecepatan rana, atau memperluas aperture, tetapi juga akan menciptakan gambar dengan banyak butiran dan gangguan digital. Meningkatkan ISO mengurangi kualitas gambar.

Cara membuat kamera HP seperti DSLR dengan kecepatan rana

Salah satu cara untuk membuat kamera ponsel Anda terlihat seperti DSLR adalah dengan menyesuaikan kecepatan rana. Sistem kamera memiliki rana yang menutupi dan membuka sensor. Kecepatan rana menentukan berapa lama rana ini tetap terbuka sehingga lebih banyak cahaya dapat mencapai sensor.

BACA JUGA  Cara Terbaru Menyembunyikan Aplikasi di Android tanpa Root

Kecepatan rana yang lebih cepat mengurangi pencahayaan, tetapi gambar lebih jelas. Demikian pula, meningkatkan kecepatan rana dapat memburamkan gerakan, tetapi memungkinkan cahaya masuk untuk waktu yang lama dan meningkatkan pencahayaan.

Cara membuat kamera ponsel seperti DSLR dengan aperture

Sistem kamera memiliki diafragma, yang merupakan lubang di mana cahaya harus lewat untuk mencapai sensor. Bukaan mengontrol lebar atau sempitnya bukaan ini.

Meningkatkan aperture akan meningkatkan pencahayaan. Ini juga mengurangi depth of field dan memburamkan latar belakang/latar depan. Jika Anda ingin fokus, lebih baik menyempitkan aperture, tetapi Anda harus mengubah ISO atau kecepatan rana untuk menggantikan pencahayaan yang hilang. Dalam hal ini, semakin tinggi angkanya, semakin sempit pembukaannya. Misalnya, f / 1.8 lebih lebar dari f / 2.8.

Ini adalah yang paling tidak perlu dikhawatirkan, karena smartphone biasanya tidak memungkinkan kita untuk mengontrol aperture. Satu-satunya pengecualian datang dari Samsung. Perusahaan memperkenalkan “slot ganda” pada Samsung Galaxy S9, yang memungkinkan Anda untuk beralih antara f / 1.5 dan f / 2.4. Mereka juga menggunakan teknologi ini dalam seri Samsung Galaxy Note 9 dan Samsung Galaxy S10. Dari penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa cara membuat kamera untuk ponsel seperti DSLR dapat dilakukan dengan menyesuaikan aperture sehingga dapat menghasilkan gambar yang buram.

Cara mengatur kamera DSLR HP dengan white balance

White balance adalah pengaturan yang sangat populer yang disertakan dalam aplikasi kamera internal. Pengaturan ini menyesuaikan warna yang mewakili cahaya putih dan mengubah semua warna lainnya juga. Hal ini memungkinkan penggunaan kreatif bidikan yang lebih hangat dan lebih dingin. Ini juga berguna ketika datang untuk memperbaiki perubahan warna yang dapat dibawa oleh sumber cahaya. Jika Anda memperhatikan bahwa bidikan dalam ruangan selalu terlihat oranye, Anda harus mengubah pengaturan ini.

Pada tingkat paling dasar, Anda mungkin melihat pengaturan white balance yang dapat mengompensasi bidikan luar ruangan yang mendung dan cerah serta pencahayaan pijar atau neon. Selain pengaturan dasar ini, beberapa aplikasi menyediakan koreksi warna dengan pengukur suhu warna K. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan titik-titik putih, antara sangat merah pada 2000 K dan biru pada 9000 K.

Cara mengatur kamera ponsel Anda seperti DSLR dengan kompensasi pencahayaan

Jika Anda pernah melihat tombol kamera dengan ikon “+” dan “-“, tombol ini akan memiliki kontrol kompensasi pencahayaan. Sebagian besar kamera smartphone juga memiliki fungsi kompensasi pencahayaan, yang berguna jika salah satu pengaturan dalam mode otomatis (Anda dapat membiarkan pengaturan dalam mode otomatis bahkan dalam mode manual).

BACA JUGA  Game Petualangan Terbaik untuk PC dan Android Offline Terbaru

Kamera mencoba mendapatkan pencahayaan yang tepat dengan mengukur cahaya, tetapi mereka tidak selalu mendapatkan apa yang ingin mereka tangkap. Terkadang, Anda ingin hal-hal terlihat lebih gelap atau lebih cerah. Exposure compensation (kompensasi pencahayaan) memungkinkan Anda memberi tahu kamera bahwa Anda secara tidak sengaja menangkap pencahayaan, dan mengganti kamera dengan menyesuaikan pengaturan ke mode otomatis (biasanya ISO).

Exposure compensation biasanya diukur pada f stop seperti -1.0, -0.7, -0.3, 0.0, +0.3, +0.7, +1.0, dll. Dalam hal ini, -1.0 berarti breakpoint yang lebih rendah, dan +1.0 berarti breakpoint yang lebih tinggi.

Cara mengatur kamera ponsel Anda seperti kamera DSLR dengan pemotretan RAW

Jika cara Anda membuat kamera untuk ponsel, seperti DSLR di atas, bukan yang terbaik, Anda dapat memanfaatkan mode pemotretan RAW jika kamera ponsel cerdas Anda mendukung mode pemotretan RAW. Banyak ponsel saat ini mendukung gambar RAW.RAW gambar dikenal sebagai file gambar yang tidak terkompresi dan tidak diedit. Ini menciptakan semua data yang ditangkap oleh sensor dan menjadikannya file yang jauh lebih besar, tetapi tanpa kehilangan kualitas dan kemampuan mengedit. Itu sebabnya Data gambar RAW itu sendiri tidak terlihat lebar.

Gunakan foto RAW hanya jika Anda berencana untuk kembali mengedit foto. Ukuran file jauh lebih besar, tetapi Anda dapat melampaui pemrosesan gambar standar kamera dan mengubah pengaturan pencahayaan dan warna penuh gambar. Pemotretan RAW ini meningkatkan pengeditan foto kamera.

Menyimpan gambar ke JPEG membuang data gambar dan mengompresi gambar, tetapi jika Anda ingin mengunggah gambar ke Facebook atau mendapatkan bidikan cepat galeri, tidak apa-apa.

Anda tidak memerlukan kamera yang bagus untuk mengambil foto yang bagus, tetapi Anda harus bisa mendapatkan hasil maksimal dari apa yang Anda miliki. Itulah sebabnya fotografer profesional dapat melakukan hal-hal menakjubkan bahkan dengan kamera smartphone murah. Jelas, ada banyak hal yang harus dipelajari, tetapi itu sudah cukup untuk mulai mengambil foto yang bagus dalam mode manual kamera ponsel cerdas Anda.