Cara Menjaga keamanan Ponsel Android jika Hilang atau Dicuri

Jaga keamanan ponsel Anda – Keamanan ponsel Android adalah topik yang sangat hangat saat ini. Orang-orang menjadi lebih sadar akan realitas kejahatan dunia maya dan ancaman keamanan lainnya. Tidak hanya itu , ponsel Android yang tidak terlindungi dapat membuat Anda berada dalam posisi rentan jika hilang atau dicuri. Bayangkan, Anda dapat kehilangan semua data Anda dan diretas hanya untuk menemukan semua informasi pribadi Anda di internet. Untungnya, kami telah mengumpulkan beberapa sumber daya untuk membantu Anda menemukan cara terbaik untuk menjaga keamanan ponsel Anda. Android Anda sebanyak mungkin.

Kiat untuk menjaga keamanan ponsel Android Anda

Jika Anda khawatir dengan keamanan ponsel Android yang Anda miliki saat ini, tidak ada salahnya untuk membaca beberapa tips di bawah ini.

1. Lindungi data ponsel Android Anda

Garis pertahanan pertama untuk menjaga keamanan ponsel Android Anda adalah PIN dan set kata sandi yang kuat. Namun, karena beberapa ruang penyimpanan di ponsel Android dapat dilepas, peretas dapat Pulihkan data dengan mudah hanya dengan mengeluarkan kartu microSD atau menghubungkannya ke komputer.

Sangat penting untuk melindungi informasi sensitif yang disimpan di penyimpanan internal ponsel Android Anda. Selain itu, ada aplikasi enkripsi yang dapat Anda gunakan untuk melindungi folder dan file tertentu. Sebagian besar dari mereka tersedia secara gratis dan sangat mudah diatur sambil kompatibel dengan sebagian besar smartphone. Maya ponsel Android Anda.

Cadangkan data ponsel Android Anda dan simpan di tempat yang aman seperti iCloud, OneDrive, atau Dropbox di Android/b18> Pastikan Anda dapat memulihkannya jika kehilangan ponsel cerdas Anda.

2. Matikan koneksi nirkabel saat tidak digunakan

Kemampuan untuk mentransfer data secara nirkabel berarti Anda mungkin rentan terhadap pencurian data kapan saja saat menjelajah Internet. Itulah mengapa Anda harus selalu mematikan koneksi Wi-Fi di ponsel Android Anda saat Anda tidak menjelajahi Internet. Melakukannya mengurangi risiko pengintaian dari pihak ketiga yang ingin menggunakan data Anda saat Anda tidak melihatnya.

BACA JUGA  Cara Terbaru Menyembunyikan Aplikasi di Android tanpa Root

Lindungi router nirkabel dan jaringan rumah Anda dengan kata sandi yang kuat. Oleh karena itu, tidak ada orang lain yang dapat menggunakannya untuk mengakses data Anda tanpa sepengetahuan Anda. Juga, jika Anda menggunakan perangkat seluler nirkabel dan hotspot, Anda harus mencari koneksi berbahaya yang terlihat seperti hotspot yang sah tetapi merupakan pelanggaran pihak ketiga yang sangat serius.

3. Aktifkan fitur kunci layar untuk menjaga keamanan ponsel Anda

Kunci layar adalah cara yang layak untuk tidak hanya menutupnya dari anak-anak. Tetapi juga untuk melindunginya dari mereka yang mencoba mencuri data darinya. Kunci layar terdiri dari 4 digit atau 5 digit yang bisa menjadi kombinasi angka. Atau bisa juga pola atau bentuk khusus untuk menggambar di layar. Kuncinya di sini adalah dengan melacak pola yang sama di layar, Anda dapat meninggalkan bukti kesalahan. Itu sebabnya Anda harus membersihkan layar secara teratur agar tidak ada Jejak pola pada mereka.

Jika Anda memilih akar kata sandi, pastikan kata sandi itu kuat dan tidak bisa dipecahkan. Ini berarti Anda harus melepaskan tujuan mudah seperti ulang tahun anak Anda atau alamat rumah Anda. Namun, misalnya, Anda dapat membuat kata sandi menggunakan huruf-huruf lirik lagu favorit Anda.

Pelacakan jarak jauh adalah fitur penting lainnya yang perlu dipertimbangkan jika Anda peduli dengan keamanan ponsel Android Anda. Fitur ini dapat digunakan untuk melacak ponsel Android Anda saat hilang atau dicuri. Untuk pengguna Android , ini tersedia sebagai Temukan Perangkat Saya , sementara pengguna perangkat iOS mengenalinya sebagai Temukan iPhone Saya .

4. Gunakan fitur kunci SIM untuk menjaga keamanan ponsel Anda

Selain mengaktifkan kunci layar, Anda juga harus menggunakan fitur kunci SIM. Ini secara efektif mencegah siapa pun mengakses data dari kartu SIM. Untuk menggunakan fungsi ini, Anda perlu membuat PIN kartu SIM Terutama. Yang harus Anda masukkan setiap kali Anda menghidupkan telepon.

BACA JUGA  Game anime Android terbaik offline

5. Berhati-hatilah saat mengunduh aplikasi

Bukan rahasia lagi bahwa penjahat dunia maya terus-menerus dihadapkan dengan berbagai malware yang dirancang untuk menyusup ke smartphone. Itulah sebabnya pengguna smartphone disarankan untuk berhati-hati saat mengunduh perangkat lunak secara online. Juga, hindari menginstal apa pun dengan persyaratan yang tidak jelas. Kami tahu bahwa Anda tidak selalu punya waktu untuk membaca syarat, ketentuan, dan kontrak barang yang diunduh. Namun, hindari aplikasi yang meminta akses ke data pribadi ponsel Android Anda atau fitur tertentu.

6. Jangan nyalakan Bluetooth saat Anda tidak membutuhkannya

Jika seorang peretas berjarak 10 meter dari ponsel Anda, ada bukti yang menunjukkan bahwa mereka dapat mengakses ponsel Anda. Itulah mengapa Bluetooth hanya boleh diaktifkan jika Anda benar-benar ingin menelepon seseorang untuk mengirim dan menerima data. Jika tidak, jauhkan .

Sebagian besar ponsel Android memiliki opsi “Tidak Ditemukan” di pengaturan Bluetooth , dan ponsel Android memiliki opsi “Tidak Ditemukan” Anda dapat menyembunyikan ponsel Anda dari pengguna terdekat. Jika Anda menerima permintaan untuk memasangkan dengan perangkat terdekat yang tidak Anda ketahui, segera tolak dan matikan Bluetooth hingga Anda meninggalkan area tersebut.

7. Nonaktifkan geotagging untuk menjaga HP tetap aman

Meskipun menyenangkan dapat mengunggah foto secara otomatis ke akun media sosial Anda, fitur ini biasanya dilengkapi dengan “geotag” bawaan yang menunjukkan di mana foto itu diambil..

Ini berarti bahwa dengan perangkat lunak yang tepat, Anda dapat menggunakan foto yang diunggah oleh peretas untuk mencari tahu di mana Anda berada di dunia. Untungnya, Anda selalu dapat menonaktifkan fitur geolokasi untuk melindungi privasi Anda saat bepergian atau bersantai di rumah. Lagi pula, Anda tidak ingin orang asing tahu tentang setiap gerakan Anda, bukan??

8. Instal perangkat lunak antivirus berkualitas tinggi untuk menjaga keamanan ponsel cerdas Anda

Sering dikatakan bahwa smartphone seperti laptop yang menghadirkan seluruh dunia di telapak tangan Anda. Namun dengan kemudahan teknologi pintar seperti komputer, ancaman seperti malware yang dikirimkan dalam bentuk spam juga muncul. Kedua, mereka terinfeksi lampiran email atau aplikasi yang secara signifikan dapat memperlambat kinerja ponsel Android Sementara memungkinkan peretas untuk mengakses informasi sensitif.

BACA JUGA  Tutorial Membuka Situs Internet Positif di PC dan Android Terbaru

Perlu juga dicatat bahwa ada banyak perusahaan antivirus palsu yang menawarkan penawaran yang tampaknya hebat, termasuk paket gratis dan lebih murah. Jenis perangkat lunak ini biasanya dirancang untuk membuat pelanggan percaya bahwa perangkat mereka aman sementara perusahaan yang sama terinfeksi..

9. Berhati-hatilah saat menjelajah Internet

Pemilik smartphone harus sangat waspada saat menjelajahi web saat ini. Karena Anda bisa dengan mudah berada di air panas. Misalnya, ponsel Android Anda mungkin menawarkan Anda untuk menyimpan nama pengguna dan kata sandi untuk digunakan di situs web favorit Anda. Namun, ini memudahkan orang lain untuk mengakses dan menggunakan akun yang sama tanpa izin Anda.

Google dan mesin pencari lainnya mengambil langkah-langkah untuk melindungi pengguna dengan memberikan petunjuk tertentu ketika situs web aman atau tidak aman. Situs web yang tidak aman biasanya memiliki peringatan “tidak aman” di bilah alamat mereka atau pesan pop-up yang memperingatkan Anda bahwa situs web yang Anda kunjungi tidak aman. Adalah kepentingan terbaik Anda untuk segera meninggalkan situs, jika tidak, Anda berisiko diretas.

Juga, jika Anda membeli sesuatu secara online atau memasukkan informasi sensitif di situs web. Anda harus memastikan bahwa alamat tersebut didahului oleh “HTTPS” dan bukan “HTTP”. ” Tanda “S” tambahan berarti bahwa situs web dienkripsi dan semua informasi aman. Lebih baik lagi, pastikan ada gembok hijau di depan alamat situs web untuk keamanan tambahan.

10. Hapus semua data di ponsel Android dari jarak jauh

Jika ponsel Android Anda hilang atau dicuri, pastikan untuk menggunakan fitur penghapusan jarak jauh. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan cepat menghapus semua data ponsel Android. dari jarak jauh. Ada banyak aplikasi penghapusan dengan harga berbeda. Dan hingga 5 dolar sebulan.

Mungkin mereka menjaga ponsel Android Anda tetap aman Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk dapat: Lagi pula, perangkat smartphone saat ini mengandung banyak informasi data penting yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari. Tentu saja, kita tidak ingin data pribadi kita dicuri oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga keamanan ponsel Android Anda Siapa yang kami miliki.